Home » » Penyebab LCD garis -garis

Penyebab LCD garis -garis

Di tulis oleh Ifan Prabowo pada Sabtu, 17 November 2012 | 05.13

Kerusakan yang sering ditemui pada LCD monitor atau laptop apabila sudah menginjak umur pemakaian yang lama adalah rusak pada bagian LCD screen. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar karena pada umumnya usia pemakaian layar LCD hanya berkisar antara 2 tahunan. Setelah masa tersebut, maka wajar apabila LCD mengalami kerusakan.

Gejala kerusakan yang dapat ditemukan pada layar meliputi garis putih bergerak, garis vertikal atau horizontal, dan garis berupa warna-warna yang disertai bercak hitam. Indikasi dari kerusakan di layar tersebut secara tidak langsung memberitahu kita kalau layar LCD yang mengalami masalah, meskipun ada kasus tertentu yang kelihatannya rusak bagian LCD namun ternyata justru bagian lain yang mengalami kerusakan. Ok, kita akan membahas satu persatu tentang garis yang timbul pada layar monitor atau LCD notebook. Sekarang kita lihat dahulu bagaimana kalau suatu laptop mengalami masalah muncul garis-garis vertikal, yang umumnya garis ini berwarna hitam atau agak bening.

Kemungkinan besar kalau yang kelihatan adalah garis vertikal dengan posisi yang tetap atau tidak bergerak, berarti yang mengalami kerusakan adalah bagian LCD screen. Untuk meyakinkan hal tersebut, anda dapat membuka dengan hati-hati bagian LCD. Jangan lupa mencari tempat yang bersih dan bebas debu, karena sedikit saja kotoran yang mengenai bagian dalam LCD, maka akan berakibat bercak pada tampilan layar.

Umumnya yang mengalami kerusakan dari LCD tersebut adalah pada lapisan seperti cermin yang memiliki komponen chip kecil-kecil menempel dibagian tepinya. Lapisan ini disebut lampu latar. Untuk menggantinya, harus mencari tipe LCD sejenis yang memiliki jalur rangkaian yang sama, kalau saya biasanya dengan melakukan kanibal dari LCD lain. Jika kesulitan mencari gantinya, maka jalan satu-satunya adalah mengganti keseluruhan LCD dengan yang baru.

Share this article :
Baca Juga Yang Ini !!

Dapatkan artikel terbaru dari " Mahasiswa Lugu ".

Masukan Email anda disini :


5 komentar:

  1. Mantap penjelasan nya.... karena yang anda jelaskan sama seperti yang saya alami. layar nya bergaris horizontal dan berwarna purple/ungu gt.... degan bergerak" naek turun pada Seluruh layar. emang sih laptop nya uda 2 tahun, lagian wajar bagi saya, karena laptop saya 3-4 hari sekali baru di shutdow...HIHIHIHIHI :D....
    tapi saya mau share sedikit pengalaman....
    bagi agan" yang mau layar laptop agan tahan lama, bagusan agan buka laptop itu, jangan lebih dari 3 jam... kalo bisa shutdown 30 menit dulu, baru di lanjut lagi, saya jamin layar laptop agan bisa tahan ampe 5-6 tahun.... and ingat, kondisi panas bisa mmenyebabkan layar cepat rusak loh, bukan hanya pada mainboard and processor..., jadi sering buka bagian belakan laptop, untuk membersihkan fan(kipas)nya dari debu.... itu jadwal pembersihan bisa anda lakukan 2-4 bulan sekali kok.^^ tapi ingat, kalo masih ada garansi, bagusan di servis di tempat bergaransi aja y gan, karena saya tidak menjamin garansi anda masih berlaku, kalo sudah anda buka sendiri..^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap gan sharing'a. nanti saya buat post tentang pencegahannya deh biar awet monitor. makasih banyak ya.

      Hapus
  2. masukan yang bagus gan,sangat bermanfaat.
    Agan ifan,,,,segera diposting cara pencegahannya ya,supaya lebih mantab.

    BalasHapus
  3. lcd laptop saya yg bawah da garis2 ungu keatas gmn solusix gan?

    BalasHapus
  4. ini ada notebook, udah diganti LCDnya tapi tetep sama aja, kumat begitu lagi. Kenapa ya?

    BalasHapus

:: MAHASISWA LUGU ::
Just share and save my story

 
Support : Maskolis | RMC | Naeza
Copyright © 2012. Mahasiswa Lugu - All Rights Reserved
Webmaster by Ifan Prabowo