Home » , , » Rep repan / Tindihan

Rep repan / Tindihan

Di tulis oleh Ifan Prabowo pada Monday, February 13, 2012 | 10:12 AM

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata Tindihan / Rep repan. yaitu fenomena dimaka kita tidur seolah olah susah untuk bangun. Ya... mungkin diantara kita sering atau pernah mengalami tentang tindahan ini.
Namun apakah fenomena tindihan ini ada kaitannya dengan makhluk halus?
Mungkin saja artikel dibawah ini bisa sedikit membuka wawasan kita tentang tindihan.
Tindihan dalam bahasa jawa dikenal dengan rep repan yaitu sebuah fenomena dimana ketika kita tidur, dan mengakibatkan susah untuk bangun, dalam satu versi bahwa tindihan ini akibat ulah makhluk halus yang menduduki kita ketika sedang tertidur lelap, sehingga ketika kita ingin bangun sangat susah, seolah olah tubuh ini ada yang menghimpit.
Tapi benarkah tindihan ini akibat ulah makhluk halus?. Jawabannya tergantung mitos anda, tergantung keyakinan anda. Namun yang perlu di pahami bahwa fenomena tindihan ini bisa di jelaskan secara psikologi.
Ketika kita tertidur tubuh ini melakukan relaksasi untuk meng-istirahatkan fisik, pikiran dan juga hati. Jadi ketika kita tidur tidak hanya menidurkan raga saja tetapi pikiran dan hati juga ikut istirahat dalam bekerja.
Ada suatu masa dimana tubuh mengalami kelelahan dalam bekerja dan memerlukan untuk istirahat, sedangkan otak kita masih sangat aktif, sehingga ketika kita tertidur yang seharusnya sluruh komponen tubuh ikut tidur tetapi tidak tertidur seluruhnya, maka terjadinya bentrok antara fisik yang ingin beristirahat dan fikiran yang ingin bekerja.
Sehingga terjadinya fenomena tindihan, dimana fisik sangat kelelahan dan ingin tidur, tetapi otak masih aktif dan bekerja. Sederhananya otak berfikir tubuh tertidur, otak berfikir membutuhkan kinerja fisik karena fisik masih tertidur terjadilah tarik ulur, tidur dan sadar. Karena tidak menemukan keseimbangan jadilah setengah tidur setengah sadar.
Lantas bagaimana caranya agar fenomena setengah tidur ini bisa diatasi. Jawabannya adalah relaks / pasrah, kendorkan seluruh otot tubuh agar rileks sehingga dapat menerima sinyal otak, wal hasil tubuh akan segar kembali dan andapun terbangun dari tidur.
Share this article :
Baca Juga Yang Ini !!

Dapatkan artikel terbaru dari " Mahasiswa Lugu ".

Masukan Email anda disini :


0 comments:

Post a Comment

:: MAHASISWA LUGU ::
Just share and save my story

 
Support : Maskolis | RMC | Naeza
Copyright © 2012. Mahasiswa Lugu - All Rights Reserved
Webmaster by Ifan Prabowo